Pelayanan Publik Prima, PA Talu Gelar Rapat Persiapan DDTK untuk Peningkatan Kompetensi PTSP
SIMPANG EMPAT, 22 Agustus 2025.
Pengadilan Agama (PA) Talu menunjukkan komitmennya dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik. Melalui program Diklat Di Tempat Kerja (DDTK), lembaga peradilan ini berupaya membenahi dan meningkatkan kinerja bagian Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP). Langkah ini diambil sebagai respons atas kebutuhan untuk mewujudkan pelayanan yang lebih prima dan profesional bagi masyarakat.
Rapat persiapan program ini digelar di ruangan ketua PA Talu. Dipimpin lansung oleh Ketua PA Talu Milda Sukmawati, S.H.I. Dihadiri oleh seluruh Hakim dan Panitera.
PTSP merupakan garda terdepan dalam pelayanan Pengadilan Agama Talu. Melalui unit ini, masyarakat mengakses berbagai layanan peradilan dengan lebih mudah dan cepat.
Rencana program DDTK ini berfokus pada pelatihan mendalam tentang tugas dan fungsi PTSP. Dalam pelaksanaannya, program ini akan diawali dengan identifikasi dan analisis mendalam terhadap kendala serta tantangan yang dihadapi para petugas di lapangan. Dengan begitu, materi pelatihan yang diberikan akan benar-benar relevan dan mampu menjawab permasalahan yang ada.
Pelatihan berorientasi pada peningkatan kompetensi petugas, selain pengetahuan teknis, pelatihan ditujukan juga pada penyamaan persepsi dan pemahaman di antara para petugas. Sehingga, seluruh staf PTSP akan memiliki standar kerja dan kompetensi yang seragam.
Dengan peningkatan kompetensi ini, Pengadilan Agama Talu berharap dapat menciptakan pelayanan yang tidak hanya cepat dan efisien, tetapi juga ramah, informatif, dan akuntabel. Program DDTK ini merupakan langkah strategis untuk memastikan bahwa setiap masyarakat yang datang mendapatkan pengalaman pelayanan terbaik.
_AA


